Babinsa : “Sambatan Gawe Umah” Tradisi Turun-Temurun Wujud Gotong Royong

KIN.CO.ID || Sragen , Warga bergotong royong dalam pembangunan rumah yang dilakukan oleh salah satu warga, kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan beban pemilik rumah dalam membangun rumah.

Kegiatan seperti ini sudah menjadi tradisi di lingkungan pedesaan apabila ada hal seperti ini. Kegiatan ini dilakukan Serda Trihartono Babinsa Bumiaji anggota Koramil 06 /Gondang Kodim 0725/Sragen melaksanakan giat Karbak membantu pembuatan rumah warga dukuh Ngabeyan RT 19 Ds. Bumiaji Kec. Gondang, Senin ( 20/11/2023 )

Kehidupan masyarakat Indonesia memang identik dengan kegiatan gotong royong ataupun kerja bakti untuk menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, pengertian gotong royong perlu dikenali oleh seluruh masyarakat, baik anak muda, orang dewasa, maupun orang tua.

“ Sikap gotong royong itu seharusnya dimiliki seluruh elemen atau lapisan masyarakat yang ada. Adanya kesadaran setiap elemen dan lapisan masyarakat dalam menerapkan perilaku gotong royong maka hubungan persaudaraan atau silaturahmi akan semakin erat “ ucap Serda Tri Hartono.

“ Sebagai bangsa yang kaya akan tradisi dan budaya. Salah satu budaya yang unik di Indonesia adalah gotong royong. Budaya gotong royong sudah jadi kekhasan tersendiri. Secara turun temurun, budaya gotong royong masih terpelihara hingga saat ini. Meski begitu, masih banyak orang yang tidak paham apa sebenarnya pengertian gotong royong “ Jelas Babinsa.

(Agus /Pendim 0725/Seragen )

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.