Bimtek STBM dan Peran Media Center Pengelolaan Air Hujan

Sleman | Kin.Co.Id – Moment yang sangat luar biasa di Sabtu Belajar (30/8/2024) dengan Tema Peran Media Center dan Bimtek STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) Pengelolaan Air Minum. Kepala Puskesmas Ngaglik I mengundang Tokoh Masyarakat yang ada di Tempursari Sardonoharjo seperti Kepala Dukuh, Rukun Warga(RW), Tokoh Agama, Linmas, dan Masyarakat yang nanti bisa di sampaikan ke keluarga dan warga nya masing-masing hasil Bimtek STBM ini.

BIMTEK STBM ini di sampaikan langsung oleh Sanitarian Puskesmas Ngaglik I Amilda Utami, STr. Ki secara jelas dan apa adanya agar bisa di terima peserta Bimtek baik Offline atau Online yang di Live kan di Akun Media Instagram Sekolah Air Hujan.
Sanitasi Sosial Berbasis Masyakat (STBM) adalah pendekatan untuk mengubah perilaku higienis dan saniter melalui pemberdayaan masyarakat dengan cara pemicuan. STBM memiliki Pilar dan Pedoman. Pilar STBM adalah perilaku higienis dan saniter yang digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat. Ada 5 Pilar STBM diantaranya :

1. Stop buang air besar sembarangan.
2. Cuci tangan dengan air menggunakan sabun.
3. Pengolahan air minum yang aman.
4. Pengelolaan sampah rumah tangga.
5. Pengelolaan limbah cair rumah tangga.

Di Sabtu Belajar ini memang luar biasa waktunya, karena ada peran penting bagaimana informasi akan STBM Pengelolaan Air Minum yang Baik, yang tidak tercemar Bakteri E Coli dan Colifom ini bisa merubah cara pandang kita sebagai masyarakat yang awam akan Air yang di konsumsi selama ini klater Molekul nya kecil agar bisa masuk dan di terima oleh sel-sel tubuh kita. Di Media Center inilah yang menyambungkan informasi detail secara akurat agar masyarakat luas mengerti dan paham bahwa selama ini air hujan yang di tampung secara SOP (Sistem Operasional Prosedur) jauh lebih bagus zat kepadatan yang terkandung di dalam air hujan itu sendiri dan pastinya Gratis, tidak tercemar Bakteri E Coli.

Media Center berperan penting dalam mendapatkan dan menyampaikan informasi sebagai garda terdepan dalam aktivitas kehidupan baik di Pemerintahan, Pariwisata, dan lain-lainnya. Di Bimtek inilah kolaborasi Media Center sangat perlu agar secara luas bisa sampai informasi yang benar dan akurat seperi yang di sampaikan oleh Agus Wiryadi, SH Ketua Media Center Sardonoharjo.

Di terangkan secara detail bahwa media center memiliki peran penting dalam beberapa hal, yaitu:

1. Menyebarkan informasi,
2. Menampung informasi,
3. Memperangi berita bohong,
4. Membuat masyarakat terlibat,
5. Branding lembaga,
6. Sumber informasi otoritatif.

Media center juga memiliki peran dalam mengkoordinasikan perencanaan, penyiapan, dan pelaksanaan komunikasi publik terkait dengan kebijakan dan program pemerintah.

Di event Ritual Tahunan yang Saklar di Sekolah Air Hujan Banyu Bening Sleman-DIY ini dalam menyampaikan informasi untuk mempublikasikan “Kenduri Banyu Udan IX” sangat membantu bahwa ini akan memberi energi Positif bagi masyarakat luas untuk penasaran apa saja yang akan di Aktifitas kan dalam Ritual Kenduri ini. Ada yang menarik bahwa di Event ini ada Ritual Sakral yaitu Tarian “Riris Mangenjali” hanya di Tarikan di setiap tahun di “Kenduri Banyu Udan”.

 

Editor&publisher: mahmudi

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.