Bupati Purwakarta Dinobatkan sebagai Tokoh Literasi Digital Daerah

  • Bagikan

 

JAWA BARAT | Kin.co.id – Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil menganugerahi Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika sebagi Tokoh Literasi Digital Daerah 2022. Bupati yang kerap disapa Ambu Anne itu dianggap berperan aktif dalam upaya meningkatkan kesadaran dan literasi digital di Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diberikan pada agenda Festival Literasi Digital (Viral) Jawa Barat 2022 yang merupakan bagian dari Road to West Java Festival 2023 yang digelar Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate, Bandung, Sabtu, 08 Oktober 2022.

Mewakili Bupati Purwakarta, penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Purwakarta Norman Nugraha yang didampingi Kadiskominfo Purwakarta Rudi Hartono selama berlangsungnya kegiatan.


Dalam keterangannya, Sekda Purwakarta Norman Nugraha mengatakan, hari ini Ibu Bupati Purwakarta mendapatkan penghargaan sebagai Tokoh Literasi Digital Daerah tahun 2022.

Kata Norman, penghargaan sebagai tokoh literasi digital ini diberikan kepada kepala daerah yang terus berkomitmen dan cakap dalam memanfaatkan informasi teknologi sebagai media dalam melaksanakan tata kelola pemerintahannya.

“Alhamdulillah, selamat untuk Ibu Bupati Purwakarta atas semua penyelenggaranya. Mudah-mudahan dengan penghargaan ini bisa terus memberikan pelayanan yang baik dan cepat kepada masyarakat di Kabupaten Purwakarta,” kata Norman.

Menurutnya, digitalisasi merupakan fenomena yang sedang gencar digalakan oleh pemerintah dewasa ini. Selain untuk mengikuti perkembangan teknologi yang kian hari kian canggih, digitalisasi juga menawarkan kemudahan dalam mengakses berbagai kepentingan mulai dari kepentingan pribadi hingga instansi besar baik itu lokal hingga internasional.

Pemerintah pusat dan daerah bahu-membahu memfasilitasi sarana dan prasana untuk mendorong era digital agar dapat optimal pengimplementasiannya kepada masyarakat.

“Masyarakat juga diarahkan agar dapat beradaptasi dengan digitalisasi agar kemudahan akses administratif dalam berbagai sektor. Di Purwakarta, pengaplikasian digitalisasi ini sudah berjalan dengan cukup baik,” tambah Norman.

*Pengelola KIM Terbaik di Jawa Barat*

Di depan, dalam ajang yang sama di tahun 2021 yang lalu, melalui Diskominfo, pemerintahan dibawah kepemimpinan Bupati Anne Ratna Mustika itu dinyatakan sebagai Pemda pengelola Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) terbaik di Jawa Barat.

Penghargaan tersebut, diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada acara Festival Literasi Digital (Viral) Jawa Barat, di Saung Angklung Udjo, Bandung, Selasa 21 Desember 2021 lalu.

“Kami memberikan penghargaan kepada mereka yang sudah bekerja keras menjadikan akseleratif Jawa Barat dalam kualitas digital. Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi kepada para insan literasi yang telah berjuang memberikan kontribusi dalam pelayanan informasi dan literasi digital kepada masyarakat,” kata Ridwan Kamil.

Kadiskominfo Kabupaten Purwakarta Rudi Hartono mengungkapkan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) adalah sebuah lembaga layanan publik yang dibentuk dan dikelola dari, oleh dan untuk masyarakat yang khusus ditujukan pada layanan informasi serta pemberdayaan masyarakat yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Kelompok yang terbentuk atas inisiatif masyarakat ini melaksanakan kegiatannya sebagai agen perubahan di tengah masyarakat. Dan salah satu peran kelompok masyarakat ini adalah untuk meminimalkan dan menangkal berita bohong atau hoaks,” kata Rudi.

Oleh karena itu, mengingat pentingnya peran KIM dalam menyebarkan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Purwakarta melalui Diskominfo terus melakukan upaya-upaya pembinaan terhadap kelompok masyarakat tersebut.

“Selain melakukan sosialisasi dan peningkatan kapasitas pada KIM. Diskominfo Purwakarta juga menggelar bimbingan teknis pengembangan dan peningkatan kreativitas jurnalistik dan content creator bagi para anggota KIM atau sering disebut Kimers,” demikian Rudi Hartono.

 

Merah

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.